Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Contoh aplikasi clustering


I.                    Definisi
Cluster adalah kumpulan objek data, yang mempunyai banyak kemiripan dalam cluster yang sama dan mempunyai perbedaan dengan objek di cluster yang lain. Analisis cluster adalah proses menemukan kemiripan antara data berdasarkan karakteristik yang ditemukan dalam data, dan mengelompokkan objek data yang mirip ke dalam cluster. Hasil clustering adalah beberapa cluster yang mempunyai deskripsi konsep.
Tipe aplikasi clustering adalah :
-       Sebagai tool yang berdiri sendiri untuk mendapatkan pengetahuan, berupa karakteristik data
-       Sebagai tahap preprocessing untuk algoritma yang lain, misalnya algoritma klasifikasi.
Macam-macam metode clustering :
·         Berbasis Metode Statistikk
a. Hirarchical clustering method : pada kasus untuk jumlah kelompok belum ditentukan terlebih dulu, contoh data-data hasil survey kuisioner
   Macam-metode jenis ini:  Single Lingkage,Complete Linkage,Average Linkage dll.
b. Non Hirarchical clustering method: Jumlah kelompok telah ditentukan terlebih dulu.Metode yang digunakan : K-Means.
·         Berbasis Fuzzy : Fuzzy C-Means
·         Berbasis Neural Network : Kohonen SOM, LVQ
·         Metode lain untuk optimasi centroid atau lebar cluster : Genetik Algoritma (GA)
Contoh aplikasi yang menerapkan clustering adalah pengenalan pola, analisis data spatial, pemrosesan gambar, aplikasi ilmu ekonomi(terutama riset pasar), aplikasi web meliputi klasifikasi dokumen dan weblog cluster. Metode clustering akan menghasilkan cluster berkualitas tinggi dengan tingkat kemiripan yang tinggi dalam satu kelas dan tingkat kemiripan rendah untuk antar kelas.
II.                  Contoh aplikasi
Contoh aplikasi cluster yang akan dibahas di sini merupakan aplikasi cluster inGrid Portal Universitas Indonesia yang berbasis Neural Network. Berikut pembahasannya :
Infrastruktur inGRID memiliki sebuah antarmuka bagi pengguna yang dapat digunakan untuk mengakses sumber daya komputasi yang tersedia. Antar muka ini disediakan dalam bentuk aplikasi berbasis web yang disebut dengan UI inGRID Portal. Melalui aplikasi ini, anda dapat melakukan manajemen data, mengirim job untuk mengeksekusi aplikasi, melihat hasil komputasi, dan sebagainya. Sebelum Anda dapat menggunakan inGRID Portal, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Registrasi dilakukan dengan mengirim email ke accounts@grid.ui.edu dengan memberikan data-data berikut ini.
1. Nama lengkap
2. Instansi/institusi.
3. Email.
4. Keperluan penggunaan
inGRID Portal dapat diakses melalui URL https://grid.ui.ac.id/portal. Setelah Anda
memasuki halaman tersebut, Anda akan menjumpai tampilan seperti ini :
Ada kalanya Anda ingin memproses sebuah data yang diletakkan pada sebuah berkas. Tentunya sebelum aplikasi yang Anda jalankan dapat menggunakan berkas tersebut, Anda perlu memindahkan berkas tersebut ke komputer-komputer pada cluster tempat aplikasi Anda di-jalankan. Anda dapat melakukan manajemen data berupa berkas – seperti membuat, menghapus, memindahkan, dan melihat berkas – dengan cara membuka menu Data Manager. Anda akan dihadapkan dengan tampilan dimana Anda dapat memilih cluster yang akan Anda akses. Pilihlah cluster yang Anda inginkan dan klik tombol Go. Setelah itu, Anda dapat melakukan manajemen data Anda pada cluster tersebut. Contoh tampilan halaman ini dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar